Monday, September 5, 2011

10 Lagu Rock Paling TOP Sepanjang Masa


Memilih lagu rock paling top tidaklah gampang. Banyak aspek dari lagu tersebut yang harus ditelaah dan dipertimbangkan, mulai dari lirik, musik, kualitas sound, video klip, dan tentunya jumlah aktual dari penjualan lagu tersebut.

Kategori musik 'Rock' sendiri juga sulit untuk didefinikasikan dengan tepat, karena Rock dan Metal sangat tipis perbedaannya. Irama dan ritme dari musik rock sendiri juga berubah-ubah dari tahun ke tahun. Musik rock, banyak yang bilang adalah gabungan dari rock n roll, rhytm and blues, country, dan jazz.

Mungkin masih banyak lagu rock menarik yang lain. Sebagai catatan, musik rock saat ini (modern rock) dikategorikan sebagai genre Alternative Rock (Alt. Rock). Berdasarkan pertimbangan tersebut, situs top-10.org membuat daftar 10 lagu rock terbaik sepanjang masa, sebagai berikut!

1. Pink Floyd - Money

Lagu 'Money' adalah lagu yang sangat populer dari album Pink Floyd yang paling laris - Dark Side of the Moon. Lagu ini dirilis pada tahun 1973. Lagu ini memiliki sound yang sangat unik dengan penggabungan yang cerdas antara beberapa sound instrumen yang berbeda. Jenis-jenis sound unik yang ada di dalam lagu ini antara lain suara koin yang berdenting, suara mesin penghitung uang yang berdering, dan suara gitar yang berat dan bersih. Lagu ini juga menjadi alasan utama kenapa album Dark Side of the Moon milik Pink Floyd menjadi super hit.

2. Guns N' Roses - November Rain

Lagu ini ditulis oleh vokalis Guns N' Roses, Axl Rose, dan dirilis pada 1992. Dengan durasi yang cukup panjang (9 menit), November Rain dihiasi dengan sentuhan orkestra yang kental. Solo gitar kreasi Slash juga dianggap sebagai salah satu gitar solo terbaik yang pernah ada dalam sebuah lagu. Video klip dari November Rain sendiri, yang menggambarkan Axl menikah dan pesta pernikahannya dihancurkan badai, adalah salah satu video klip terbaik pada masanya.

3. Eagles - Hotel California

Salah satu lagu terbaik yang tak pernah absen dari daftar chart lagu terbaik sepanjang masa. Lagu ini dirilis pada 1977, ditulis oleh Don Henley, Don Felder, dan Glenn Frey. Lagu ini berhasil terjual jutaan kopi hanya dalam tiga bulan setelah dirilis, jumlah yang sangat-sangat besar pada masa itu. Eagles sendiri berhasil menyabet penghargaan Grammy untuk kategori album of the year pada 1978.

4. Credence Clearwater Revival - Have You Ever Seen the Rain

Lagu ini dirilis pada 1971 dan ditulis oleh John Fogerty. Lagu ini juga menjadi tanda berakhirnya idealisme personal dari band CCR. Saya sendiri tak tahu banyak tentang band ini, namun menurut situs top-10.org, lagu ini sampai saat ini masih sering diputar diberbagai acara televisi. Lagu Have You Ever Seen the Rain diambil dari album Pendulum.

5. Coldplay - Viva La Vida

Inilah contoh dari genre musik Alt-Rock dan invasi musik Britania Raya ke ranah Amerika. Lagu Viva La Vida adalah lagu yang dibuat secara kolektif oleh para personil Coldplay. Dirilis pada 2008, lagu ini berhasil menggondol Grammy pada 2009, kategori song of the year. Selain menjadi hit baik di UK maupun di Amerika, lagu ini juga menjadi salah satu dari sedikit lagu yang di download secara legal sebanyak 4 juta kali. Dalam bahasa Spanyol, 'Viva La Vida' berarti "Long Live Life'.

6. Nirvana - Smells Like Teen Spirit

Banyak orang menyebut lagu ini sebagai 'greatest rock song ever'. Lagu ini membawa Nirvana menuju puncak ketenaran setelah dirilis dalam album Nevermind pada 1991. Smells Like Teen Spirit ditulis oleh ketiga personil Nirvana - Kurt Cobain, Krist Novoselic, dan Dave Grohl. Lagu ini juga menjadi tanda diterimanya genre rock alternatif dalam kultur musik rock. Lirik dan kata-kata yang ditulis pada lagu ini hingga saat ini masih menjadi misteri, maksud dan makna-nya belum diketahui dengan jelas.

7. Eric Clapton - Cocaine

Cocaine adalah lagu Eric Clapton yang membawa 'pesan'. Ya, lagu ini adalah lagu anti-drug. Di era modern, Clapton menyebut Dirty Cocaine dan menyerukan bahayanya drug untuk kehidupan. Lagu ini ditulis oleh JJ Cale, salah satu penulis lagu yang lagu-lagunya banyak dinyanyikan oleh Eric Clapton, dan dirilis pada 1976.

8. Queen - Bohemian Rhapsody

Salah satu contoh invasi Britania Raya ke Amerika, Bohemian Rhapsody dirilis pada 1975. Penulis lagu ini adalah vokalis utama Queen, Freddy Mercury. Proses recording lagu ini menggunakan tehnik-tehnik yang digunakan pada saat ini, dan Queen yang mengawalinya. Lagu ini menjadi hit natal di seluruh dunia. Lirik lagu dan video klip Bohemian Rhapsody sangat penuh dengan intrik dan misterius. Dalam sebuah voting yang diselenggarakan Classic Rock, Freddie Mercury menjadi salah satu vokalis terbaik sepanjang masa. Ia adalah jantung dari band Queen. Freddie meninggal pada 1991 akibat HIV/AIDS.

9. Guns N' Roses - Sweet Child O' Mine

Siapa tak kenal lagu ini? Solo gitar intro lagu Sweet Child O' Mine sudah sangat melegenda di telinga para penikmat musik. Lagu ini adalah single ketiga dari album studio pertama Guns N Roses, Appetite for Destruction, yang dirilis pada 1987. Sebenarnya lagu ini dimulai dari 'iseng', ketika Slash sedang melakukan jam session bersama drummer Steve Adler, bassist Duff McKagan, dan gitaris Izzy Stardlin. Kemudian Axl Rose yang menulis liriknya. Dalam sampul album, lagu ini ditulis oleh Rose, Slash, dan Stardlin. Selain menjadi hit di seluruh dunia, Sweet Child O'Mine juga ikut andil membawa Guns N' Roses menuju puncak popularitas.

10. The Animals - The House of the Rising Sun

The House of the Rising Sun adalah sebuah lagu folk-lore asal Amerika dan menjadi super hit ketika dirilis pertama kali pada 1994. Lagu ini menggambarkan setting yang ada di kota New Orleans. Lagu ini kemudian memuncaki tangga lagu di Kanada, UK, AS, dan Finlandia. Banyak pengamat musik yang menyebut lagu milik The Animal ini sebagai cikal bakal dari musik Rock n Roll. Pada 1999 lagu ini meraih penghargaan Grammy untuk kategori Hall of Fame song. The House of the Rising Sun telah dinyanyikan dan dirilis ulang oleh banyak musisi, namun yang paling sukses dalam me-recycle lagu ini adalah Dolly Parton.

NB: Jika penasaran dengan lagu-lagu diatas, silahkan searching di Google atau cari di YouTube. :)

1 comment:

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger