Thursday, September 29, 2011

Tips Mengatasi Modem Disconnect Tanpa Sebab

Koneksi internet menggunakan modem untuk saat ini masih belum begitu sempurna. Selain masalah kecepatan, ada beberapa kasus dimana koneksi internet menggunakan modem tiba-tiba terputus dengan sendirinya setelah beberapa saat.

Begitupun yang saya alami. Sekedar informasi, saya menggunakan Venus Wireless Modem (CDMA) seharga Rp250.000,- yang saya beli sekitar tiga bulan lalu. Untuk kartu SIM-nya saya menggunakan Flexi Trendy dengan paket langganan Internet Unlimited (FlexiNet) bulanan (40 ribu per bulan).

Pada awalnya, koneksi internet saya cukup lancar, namun beberapa hari kemudian, tiba-tiba saja koneksi internet menggunakan modem ini sering terputus sendiri tanpa sebab. Saya pun mencoba mencari penyebabnya. Mulai dari control panel, internet connection setting, dan sebagainya, tapi saya tidak menemukan penyebabnya. Googling? Tentu saja sudah, mulai dari cara A - Z sudah saya coba. Hasilnya nihil.


Beberapa waktu lalu saya baru sadar, ketika saya men-download video dari YouTube via IDM, koneksi internet saya tidak putus. Dari situ saya teliti, kenapa bisa begitu? Ternyata IDM memiliki fitur tersendiri, yaitu men-dial ulang koneksi dial-up yang terputus (koneksi menggunakan modem adalah koneksi dial-up).

Akhirnya saya Googling lagi dengan keyword "auto redial dial-up connection software". Setelah mencari beberapa saat, akhirnya saya menemukan software yang saya cari, CiDial. Software ini GRATIS!

Cara kerja software ini sangat simple, seperti yang saya sebut diatas, Ia men-dial ulang koneksi internet melalui modem yang tiba-tiba terputus.

Cara menginstall software ini cukup mudah:

1. Download file-nya disini.
2. Ekstrak file menggunakan WinRar atau software sejenis.
3. Klik setup.exe
4. Jalankan aplikasinya, kemudian klik --> File --> Setting, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Isi kolom username dan password dengan username dan password yang anda dapatkan dari operator seluler yang anda gunakan. Beri tanda centang pada setiap pilihan di sebelah kanan (atau pilih beberapa yang menurut anda penting).
5. Klik OK. CiDial siap mengatasi masalah koneksi modem anda. ;)

Yang perlu dicatat, software ini HANYA melakukan DIAL ulang, bukan mempercepat koneksi internet menggunakan modem anda. Untuk kelancaran dan kecepatan koneksi modem, akan dibahas di artikel berikutnya. See ya. Semoga membantu. :D

NB: Kasus seperti ini seringkali terjadi pada OS Windows 7.

27 comments:

  1. saya coba mas infonya...
    terimakasih
    http://ghiseva.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. saya coba mas infonya...
    terimakasih
    http://ghiseva.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. kok tetep aja ya?
    padahal sama lo!
    q pake Venus jga
    paket ma kartunya juga sama
    tapi hasilnya kok beda ya?
    toong bantuin kak T_T

    ReplyDelete
  4. kok tetep aja ya?
    padahal sama lo!
    q pake Venus jga
    paket ma kartunya juga sama
    tapi hasilnya kok beda ya?
    toong bantuin kak T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba CiDIAL-nya disetting lagi. Software ini BUKAN MEMPERCEPAT KONEKSI lho, tapi hanya untuk menyambungkan koneksi yang putus secara otomatis. :)

      Delete
    2. agan Virgo : ni saya ada modem Flexi net plus yang paket 40k . sering DC trus stiap 40mnit sekali . adakah solusi ny >.< mhon bntuan

      Delete
    3. Kalau 'jatah' kuota habis, Flexi emang gitu. Memang unlimited (masih bisa konek ke internet), tapi lemotnya minta ampun. Kalau pengen lancar, coba modem GSM aja dengan kartu Axis. Pakai Axispro 79K kuota 3GB. Kalau sinyal di tempat agan kenceng, Speedy aja lewat! :D

      Delete
  5. gan, ni saya pake modem GSM masalahnya juga sama gan, sering DC, mohon bantuannya gan,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang yang jadi masalah bukan di modemnya, tapi operator GSM-nya. Saya pakai AXIS kadang suka gitu juga, tapi dengan modem Huawei, dia bisa konek lagi secara otomatis tanpa pakai CDial. :)

      Delete
  6. Gan saya pake modem flexi net plus evdo, tapi setiap 2-5mnt selalu aja DC truss bikin pusing lah..
    udh pake tuh software ttp aja gan..
    mohon bantuan nya,, ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti modem aja, gan. Itu solusi paling cepat dan efisien. Hehe. Paket flexi unlimited memang begitu. Atau kalau bisa coba ganti kartu CDMA yg lain. :)

      Delete
  7. modem saya baru saja disconect trus gan waktu upload file, tapi anehnya kalo download file lancar2 aja ?
    Apa ya kerusakannya ?
    Apa emang operatornya ?
    Aku pakai modem flash telkomsel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar sinyal-nya nggak stabil. Coba pake ping. (klik run: ping www.google.com -t -l 5. Situsnya bisa diganti apa aja, trus angka yang terakhir bisa diganti berapa saja. Biasanya dengan begitu koneksi internet jadi lumayan stabil.

      Delete
  8. MantaP nih alat ibarat orang sakti maksih yah , TRimaksih banyak semoga kebaikan yanG udah mosting Ini , diabals AMA Tuhan AMIN

    ReplyDelete
  9. Hatur nuhun pisan gan

    http://destaak.asli.ws

    ReplyDelete
  10. kalau modem wodoforne dan kartunya 3 gimana caranya?

    ReplyDelete
  11. makasih banyak yaa :) informasinya sangat membantu, semoga makin sukses :)

    ReplyDelete
  12. saya punya masalah kalo tp link mr3420 saya colokin langsung modem prolink mau nyambung, tapi kalo saya tambahin kabel extender ko' gak bisa. mohon bantuannya agar bisa nyambung>>> trims sebelumnya.

    ReplyDelete
  13. Ko saya masih tetep aja gan
    http://cecepdotcom.blogspot.com/

    ReplyDelete
  14. http://bonsfashion.blogspot.com/

    ReplyDelete
  15. Yuk Main Poker Online di Ceme Poker
    Untuk Member Baru Ada Bonus 20%
    Banyak Freebet dan Promo Lainnya
    Dapatkan Samsung Galaxy Note 9
    Pendaftaran : pokerpagi .com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227
    BBM : CEMEPKR

    CARA MEMBACA KARTU LAWAN DENGAN MUDAH PADA POKER ONLINE

    ReplyDelete

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger