Wednesday, October 12, 2011

Cara Meng-upload File Audio (Mp3) Ke Facebook

Di Facebook, kita dapat dengan mudah berbagi foto ataupun video ke teman-teman kita. Facebook memberikan langsung fasilitas sharing untuk ini. Namun masalah muncul ketika kita ingin berbagi file audio (lagu atau Mp3).

Sekitar satu tahun yang lalu (mungkin lebih), Facebook masih memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk berbagai file audio. Namun karena adanya isu legalitas sebuah file audio (kebanyakan lagu bajakan), Mark Zuckerberg dan kawan-kawan akhirnya meniadakan fitur upload audio.

Bukankah kita juga ingin berbagi lagu favorit kepada teman-teman kita? Jika jawabannya ya, saya punya satu trik untuk membantu kalian yang mungkin ingin berbagi file audio di Facebook. Here we go! :D


Seperti halnya berbagi foto atau video, berbagi file audio sebenarnya juga bisa dilakukan di Facebook. Syaratnya, kita musti menggunakan software bernama Dropbox. Dropbox adalah media penyimpanan cloud yang menyediakan space sebesar 2GB untuk penggunanya. Jumlah space sebesar itu tentu cukup untuk menyimpan banyak lagu dan berbagi melalui Facebook ;). Tidak hanya file audio, kita juga dapat menyimpan file dalam bentuk apapun menggunakan Dropbox.

Pertama, buat akun di Dropbox jika kalian belum punya.
Kemudian ikuti petunjuknya.
Halaman setelah anda membuat akun
Sebenarnya langkah ini bersifat sunnah (optional), tapi lebih baik kita nurut aja lah dengan petunjuknya :D. Pertama, kita harus mengisi nama depan, nama belakang, alamat email, dan password untuk akun Dropbox.

Setelah komplit, maka kita akan melihat layar seperti gambar diatas. Secara otomatis browser akan men-download aplikasi Dropbox Desktop Client (15,4 MB). Jalankan/Install aplikasinya di PC atau Laptop.

Kemudian upload file audio ke Dropbox, bisa melalui desktop client (aplikasi) yang baru saja anda download ataupun melalui halaman browser. Setelah proses upload selesai, klik kanan pada file kemudian pilih 'Copy public link' untuk mendapatkan direct link, seperti pada gambar berikut. [file harus di copy dulu ke dalam folder public]
Tampilan Dropbox pada browser
Kemudian pergi ke halaman profil anda di Facebook, update status dengan meng-copy direct link dari Dropbox yang sudah kita dapatkan tadi. Maka akan muncul sebuah status Facebook baru anda seperti pada gambar di bawah.
Tampilan pada laman profil Facebook
Nah, sekarang teman-teman Facebook dapat langsung mendengarkan file audio yang kita upload! Selamat mencoba! ;)

NB: Jika anda tahu ada cara lain untuk berbagi file audio di Facebook, silakan di share! Soalnya setelah saya coba jalankan di Facebook, hasilnya audio tidak bisa diputar. :( :D

6 comments:

  1. hahaha ngakak gw.. ga bisa di puter tapi di share .. by the way thanks ya atas postingannya (•ˆ⌣ˆ•)

    ReplyDelete
  2. gak sama sama tutorx gambar yg muncul.... gak lengkaptutorx :'(

    ReplyDelete
  3. Saya coba dulu ya mas. Belajar. Soalnya saya punya blog lagu, Lagu Manado, harus sering membagikan lagu di Facebook.
    Terima kasih Dropbox nya mas.

    ReplyDelete
  4. enakan pake souncloud.com sign in pake facebook

    ReplyDelete
  5. Aplikasi fb knp tdk di lengkapi uplod audio suara sprt mau kirim lagu2 atau rekaman audio dg cara otomatis..n tdk sprti apliksi fb yg tahun2 lalu???...

    ReplyDelete
  6. Dengan 1 Akun Bisa Main 7 Games
    Daftar Segera di Ceme Poker
    Agen Kartu Terpercaya 2019
    Dapatkan Bonus New Member 20%
    Pendaftaran : pokerpagi .com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227
    BBM : CEMEPKR

    ReplyDelete

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger