Friday, September 30, 2011

10 Best Drummer Indonesia

Seorang drummer, boleh dibilang 'kurang beruntung'. Apa sebab? Karena ketika sebuah band menggelar konser, Ia selalu berada di posisi paling belakang, itupun masih ditutup oleh drum kit, hehe.. Just kidding. :))

Namun, tak jarang seorang drummer menjadi 'nyawa' sebuah pertunjukan musik atau sebuah band. Sama seperti para pemegang instrumen yang lain, seorang drummer memiliki peranan yang vital. Posisi ini dianggap sebagai posisi 'bergengsi' bagi sebagian besar orang yang baru terjun ke dunia musik, karena memainkan drum dianggap sangat rumit dan sulit. Perbandingannya dengan orang yang bisa bermain gitar adalah 3:10, angap saja begitu. Salah satu alasan lain adalah harga instrumen ini cukup mahal, jadi tidak sembarangan orang bisa mempelajarinya.


Berikut saya memiliki opini (tiba-tiba saja pengen nulis) tentang drummer Indonesia yang menurut saya terbaik diantara drummer lain. Penilaiannya? Saya melihat dari prestasi-prestasi mereka, ciri khas permainan, dan yang paling penting, saya suka mendengar permainan drum mereka. ;)

Sebelumnya, saya tegaskan bahwa penilaian ini subyektif, maksudnya dari opini saya pribadi. Dasar yang saya buat ini hanya berdasarkan pengetahuan saya seputar musik yang masih sangat terbatas. Jadi, jika anda memiliki pendapat yang berbeda, tak usah malu untuk memberikan komentar di bawah. ;)

1. Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan adalah 'guru' drum di Indonesia. Setelah sempat mengenyam pendidikan musik di Amerika, Ia pulang ke Indonesia dan sempat bergabung dengan kelompok musik Jazz, Krakatau Band bersama Trie Utami, Indra Lesmana, Dwiki Dharmawan, dll. Selain sebagai pemusik yang banyak mengeksplore musik-musik berunsur etnik, pria kelahiran Bandung, 30 Mei 1963 itu, juga banyak menyelenggarakan konser-konser musik, baik sekaliber nasional maupun internasional.

2. Sri Aksan Syuman
Sri Aksan Syuman atau lebih populer dengan nama Wong Aksan adalah seorang drummer dan musikus Indonesia. Aksan yang pernah menjadi drummer grup musik Dewa 19 itu adalah anak dari sutradara legendaris, Sjuman Djaja. Pria kelahiran 22 September 1970 ini sempat bergabung dengan band pimpinan Ahmad Dhani, Dewa 19, pada 1995, dan meninggalkan band tersebut setelah merilis album Pandawa Lima (1998). Istri Wong Aksan, Titi Handayani - atau yang akrab disapa Titi Syuman, adalah seorang model dan juga seorang drummer. Saat ini, Wong Aksan adalah drummer grup band Potret, bersama Anto Hoed dan Melly Goeslaw.


3. Surendro Prasetyo
Surendro Prasetyo, lebih akrab dengan nama Yoyo Padi, lahir di Surabaya, 29 November 1975. Yoyo dikenal sebagai drummer grup musik Padi. Sebelum bergabung dengan Padi, Yoyo juga dikenal sebagai mantan personel grup musik Andromeda dan pernah meraih gelar drummer terbaik se-Indonesia pada 1998.


4. Teddy Sujaya
Teddy Sujaya lahir di Jakarta, 13 Juni 1954 adalah seorang drummer rock Indonesia, merupakan mantan drummer band rock legendaris Indonesia, God Bless. Orang lebih mengenal Teddy Sujaya sebagai drummer God Bless, padahal sejak awal 1990-an, ia sudah mulai menjajaki karier sebagai produser. Di antara masa-masa senggang bersama God Bless, Teddy sempat mengisi drum untuk Duo Kribo, Jurang Pemisah (Jockie Surjoprajogo), Lagu Untukmu (Donny Fattah), membentuk trio TAG (Teddy, Arthur, Gideon), mencipta lagu serta menangani solo album Ahmad Albar dan Anggun C. Sasmi.

5. Rere
Rere adalah drummer grup band Blackout. Sebelumnya, Ia dikenal sebagai drummer dari grup band Rock 90-an, Grass Rock, dan menjadi drummer grup Ada Band, antara tahun 2004 - 2009. Menurut saya, Ia adalah satu drummer terbaik di Indonesia, karena memiliki 'tendangan' dan 'pukulan' yang mantap. ;)

6. Budhi Haryono
Budhi Haryono dikenal sebagai mantan drummer band GIGI. Ia cukup sukses sejak bergabung bersama Armand Maulana, dkk sebelum akhirnya memutuskan untuk resign pada 2007. Sebelum bersama GIGI, Budhi adalah drummer dari band-band terkenal seperti Jamrock (1981-1985), Krakatau (1985-1987) dan Karimata (1987-1989). Saat ini, Budhi adalah seorang Music Producer dan Music Director, serta menjadi drummer grup band pop, Tiket. Ia pernah terpilih sebagai The Best Drummer di ajang LMC (Light Music Contest) pada tahun 1985.

7. Gerry Herb
Gerry adalah drummer kenamaan, yang mungkin lebih dikenal di kalangan musisi. Namun, Ia sempat menjadi drummer dari grup band ALV, yang juga digawangi oleh Nugie. Permainan drum-nya cukup khas, pun cara memegang stick-nya. Yovie Widyanto sering menggunakan jasa Gerry untuk menjadi additional drummer dalam setiap proyek-nya. Saya suka Gerry Herb karena ketika main drum, Ia kelihatan sangat santai dan menikmati tiap-tiap pukulannya. :D

8. Jelly Tobing
Sebagai drummer, Jelly Tobing telah malang melintang dalam berbagai panggung pertunjukan musik di Indonesia. Awal karir dimulai dengan menjadi drummer The Minstreel di Medan. Kemudian pindah ke Jakarta dan sempat bergabung bersama CC Blues. Selain sebagai drummer, Jelly juga sering mengorbitkan atau mencari artis untuk diorbitkan. Nama yang sukses diantar oleh Jelly Tobing adalah Nicky Astria dan Betharia Sonata. Dan lagi, Jelly juga memiliki penerus, yaitu anaknya sendiri, Ikmal Jelly Tobing, yang saat ini menjadi drummer dari grup band T.R.I.A.D dan tergabung dalam Republik Cinta Management (RMC) milik Ahmad Dhani.

9. Setyo Nugroho
Setyo Nugroho, atau Tyo Nugros, dikenal setelah Ia menjadi drummer dari grup band Dewa, sebelum akhirnya Ia keluar pada tahun 2008. Sebelum bersama Dewa, Tyo Nugros adalah drummer dari grup band rock, Getah. Saat SMP, Tyo belajar drum secara formal di Sekolah Musik Farabi dan sempat diajar oleh Keenan Nasution dan Gilang Ramadhan. Ia sempat kuliah di Percussion Institute of Technology (PIT) dan Musicians Institute (MI) Hollywood, Amerika Serikat. Saat kuliah di Amerika itulah Tyo bertemu banyak drummer kenamaan dan sekaligus belajar dari mereka. Salah satunya adalah Matt Laug yang turut andil dalam membentuk karakter pukulan drum Tyo.

10. Agung Yudha
Agung Yudha Asmara, lahir di Semarang, Jawa Tengah, 20 Juni 1975 adalah mantan drummer Powerslaves. Ia saat ini merupakan anggota grup musik Dewa 19 dan additional player Andra And The Backbone. Sebelum bergabung dengan grup tersebut, ia telah pernah bekerja sama dengan sejumlah musisi dan penyanyi kenamaan Indonesia seperti Erwin Gutawa, Nugie, Krisdayanti, dan yang lainnya. Ia bergabung bersama Dewa 19 menggantikan posisi Tyo Nugros sebagai drummer. Ia resmi diperkenalkan pada video klip "Mati Aku Mati" di album Kerajaan Cinta.


Nah, daftar diatas adalah para drummer terbaik di Indonesia versi saya pribadi. Berhubung banyak drummer-drummer hebat di Indonesia, saya cukup kesulitan juga memilih sepuluh yang terbaik. Kalau menurut anda? ;)

15 comments:

  1. JERINX S.I.D Mana???? :1: Sandy Andarusman? :1:

    tak apalah, pndpat orang kan beda2! nice post!

    :c:

    ReplyDelete
  2. Mereka juga hebat kok,pengen dimasukin juga tadi, tapi sayang cuma 10 orang aja yg bisa masuk.. :a: :2:

    ReplyDelete
  3. doyan dewa 19 ya?
    banyak drummer dewa yang masuk list (aksan, rere (additional), tyo, agung)

    ReplyDelete
  4. Jimmy Manopo (ayahnya Marsya Manopo) drummer handal era 80 an gebukan drumnya khas baik saat mainin lagu slow atau ngebit.... tapi yah apa mau dikata.., nominasinya cuma 10

    ReplyDelete
  5. Saya suka sama gerry herb dan tyo nugros. Untung gilang ramadhan memang semua orang mengakui tp kalau bagi saya dia terlalu tradisional etnik bgd. Oh iya dan kalau bisa echa soemantri boleh tu masuk hehehe

    ReplyDelete
  6. Andyan gorust mana drummer nya dead squad?? Ah payah

    ReplyDelete
  7. Yuk Main Poker Online di Ceme Poker
    Untuk Member Baru Ada Bonus 20%
    Banyak Freebet dan Promo Lainnya
    Dapatkan Samsung Galaxy Note 9
    Pendaftaran : pokerpagi .com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227
    BBM : CEMEPKR

    CARA MEMBACA KARTU LAWAN DENGAN MUDAH PADA POKER ONLINE

    ReplyDelete
  8. Uce Haryono, Demas Narawangsa, Jeannw Philsa......

    ReplyDelete

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger