Sunday, August 28, 2011

8 Fakta Menarik Tentang YouTube

YouTube, sebuah situs penyedia konten Video yang terbesar di jagad raya. Sebagai perbandingan, dalam 60 hari, YouTube mampu menghasilkan video baru dengan jumlah yang sama dengan 3 televisi besar di Amerika dalam waktu 60 tahun.

Pengguna YouTube rata-rata menghabiskan 15 - 25 menit per hari untuk mengunjungi situs ini. Namun, seberapa jauh pengetahuan anda tentang YouTube? Apakah anda tahu video apa yang paling banyak ditonton sepanjang masa? Apa anda dapat menyebutkan tiga nama penemu YouTube? Apa anda tahu, berapa menit sekali link (tautan) di YouTube di 'tweet'?

Ada banyak data-data dan informasi menarik tentang YouTube yang bisa kita ketahui -- dikutip dari situs Mashable.com, inilah 8 fakta menarik tentang YouTube (sebenarnya ada 10, ada dua yang tidak terlalu dimengerti di Indonesia) yang mungkin bisa membuat anda terkejut. Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ya...? ;)

1. Peran situs PayPal dalam pembuatan YouTube

YouTube dikreasi oleh tiga orang: Chad Hurley, Steven Chen, dan Jawed Karim pada 2005. Ketiga orang tersebut saling mengenal saat mereka sama-sama bekerja di situs internet PayPal. Faktanya, Hurley adalah kreator logo PayPal, dimana ketika itu Ia membaca sebuah artikel online yang mengatakan sebuah perusahaan pembayaran online sedang membutuhkan karyawan. Sebenarnya, dana pembuatan situs YouTube adalah bonus yang diterima ketika PayPal dibeli oleh eBay. Bayangkan, mungkin jika tidak ada situs PayPal, YouTube tidak akan pernah ada.

2. Pada awalnya, YouTube adalah situs kontak jodoh

Ketiga penemu YouTube tidak begitu saja menemukan konsep untuk situs mereka. Awalnya, YouTube adalah sebuah situs konten video untuk kontak jodoh berslogan "Tune In Hook Up" (cocokan dengan bertemu), terinspirasi dari situs HotorNot. Ditengah jalan, ketiganya memutuskan untuk beralih konsep. Inspirasi dari YouTube seperti yang kita lihat sekarang ini terjadi karena dua hal. Pertama, ketika Jawed Karim tidak bisa menemukan video Janet Jackson berjudul "wardrobe malfunction", dan kedua ketika Chad Hurley dan Steven Chen tidak bisa berbagi (share) sebuah video tentang pesta makan malam karena adanya batasan 'attachment' e-mail.

3. YouTube 'merecoki' situs UTube

Domain dari YouTube.com diregistrasikan di hari Valentine 2005. Hal ini kemudian menyebabkan masalah besar bagi 'Universal Tube & Rollform Equipment' yang bermarkas di Ohio, AS. Domain perusahaan tersebut, 'utube.com' mengalami masalah trafik yang besar dari orang-orang yang mencoba mencari situs YouTube namun dengan penulisan yang keliru. Saat itu perusahaan Universal Tube langsung menggugaat YouTube dengan alasan bahwa bisnis mereka dirusak oleh situs video itu, namun gugatan itu gagal. Saat ini, sepertinya perusahaan Universal Tube & Rollform Equipment justru mendapatkan keuntungan dari kejadian tersebut. Situs bisnis mereka berpindah ke utubeonline.com dan situs asli mereka, utube.com, menjadi 'landasan' bagi orang-orang yang salah mengeja YouTube.

4. Video yang pertama kali diunggah di YouTube

Video yang pertama kali diunggah di YouTube bukanlah sebuah video berkelas, dilihat dari aspek apapun. Dengan Yakov Lapitsky sebagai kameramen, video ini mempertontokan co-founder Jawed Karim di depan sebuah kandang gajah dan menjelaskan tentang gading gajah yang panjang. Video berjudul "Me at the zoo" ini telah ditonton 4.282.497 pengunjung sejak debut-nya pada 23 April 2005.

5. Statistik mencengangkan tentang YouTube

Hingga Februari 2011, YouTube memiliki 490 juta pengguna di seluruh dunia per bulannya, dan diperkirakan dalam waktu satu bulan halaman YouTube dibuka sebanyak 92 milliar kali. Pengguna internet menghabiskan waktu 2,9 milliar jam per bulan, atau setara dengan 325.000 tahun. Dan asal tahu saja, statistik tersebut hanya terhitung untuk situs utama YouTube melalui browser PC -- belum termasuk mereka yang mengunjungi YouTube melalui link, embedded video di situs atau blog, dan di media lain seperti handphone dan sebagainya.

6. Statistik YouTube di situs jejaring sosial

Di situs jejaring Twitter, akun YouTube memiliki followers hampir 2 juta. Selain itu, YouTube mengatakan ada 400 tweet per menit yang merupakan link atau tautan YouTube. Sedangkan di Facebook, video yang berdurasi total sama dengan lebih dari 150 tahun, ditonton pengguna Facebook setiap harinya.

7. Video yang paling banyak dilihat, disukai, dan video favorit

Tanpa menghitung video musik (karena ada banyak video musik yang hanya bisa dilihat oleh pengguna yang berada di Amerika Serikat), video yang paling banyak dilihat di YouTube sepanjang masa adalah video yang berjudul "Charlie bit my finger", yang telah ditonton 282.151.886 kali (ketika tulisan ini dibuat). Namun ketika kita memasukkan video musik, video yang paling banyak ditonton (dan jumlahnya terus bertambah), adalah video "Baby"-nya Justin Bieber yang sementara ini sudah dilihat sekitar 466 juta kali.

8. Game "Easter Egg" di YouTube

YouTube memiliki sebuah game menarik yang bisa anda mainkan. Game ini mirip dengan game 'Snake' di HP jadul Nokia. Video diatas bisa menjadi demo, namun jika anda berminat mencobanya, silahkan masuk ke situs YouTube. Kemudian klik 'recent video' dari kategori apapun. Kemudian tekan pause pada video, dan tekan tombol panah kiri dan atas pada keyboard anda pada waktu yang bersamaan. Enjoy The Game!

2 comments:

  1. Informasi menarik, izin copy bro !

    ReplyDelete
  2. top dah, kpn2 coba hal2 menarik ttg google yaa,,,

    ReplyDelete

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger