Friday, September 9, 2011

Tips Membeli HP Lokal (HP Cina)


Seperti yang kita ketahui dalam beberapa tahun terakhir, HP lokal (baca: HP Cina) semakin menjamur. Kebutuhan akan HP yang meningkat dan penawaran harga yang cukup terjangkau, menjadi alasan kenapa banyak orang mulai beralih dari HP-HP ternama menuju HP-HP lokal.

Selain alasan-alasan diatas, fitur-fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap. Mulai dari music player, video player, kamera beresolusi tinggi, TV, dan tentunya dual atau bahkan triple simcard. Namun tak sedikit orang yang berpikir bahwa ponsel lokal tidaklah seawet atau memiliki kualitas yang sama dengan ponsel ternama. Benar atau tidak? Sebenarnya pernyataan tersebut belum tentu benar. Asalkan kita pandai memilih, bukan tidak mungkin HP lokal yang kita beli bisa memiliki umur yang lebih panjang daripada HP merk luar negeri.

Jika anda ingin membeli ponsel lokal, berikut ada beberapa tips yang saya kutip dari berbagai sumber:

1. Service Center

Yang pertama harus anda pertimbangkan adalah ada atau tidaknya pusat pelayanan servis dari HP tersebut. Bagus atau tidaknya HP lokal bisa dilihat dari hal ini. Adanya service center membuktikan bahwa vendor HP tersebut peduli dan siap melayani konsumennya setiap saat. Sejauh ini yang saya tahu, Nexian adalah HP lokal yang pertama kali memiliki service center.
.
2. Periksa dan test semua fitur yang ada.

Jika HP banjir fitur seperti TV, WiFi, dual SIM card ataupun Java (games dan aplikasi), perlu kita periksa dan test semua fitur yang ada tersebut. Karena tidak jarang semua fitur tersebut hanya sekedar tempelan belaka.

3. Jangan tergiur harga murah

Harga biasanya tidak menipu, karena itu jangan tergiur dengan harga murah ataupun model keren yang mirip dengan Blackberry misalnya. Bayangkan misalnya jika harga ponsel 200 ribu, apakah anda ingin jika untuk servis saja saat ponsel rusak, harga servis lebih mahal dari harga beli itu sendiri?

4. Beli ponsel dengan battery cadangan.

Hal ini dikarenakan fitur dual SIM card atau TV menyedot tenaga cukup banyak, jadi tanyakan apakah dalam paket penjualan  terdapat 2 battery. Tenaga battery ponsel lokal jauh berbeda dibanding ponsel biasa, yaitu lebih boros dan cepat panas. Jadi akan lebih baik jika kita beli ponsel sudah dengan battery cadangan

5. Pilihlah HP lokal yang sudah bundling dengan operator seluler

HP Cina/lokal yang sudah bundling dengan operator seluler tertentu biasanya lebih bagus daripada yang sama sekali tida ada bundling. Sebuah operator seluler berani memutuskan untuk melakukan bundling atau bekerja sama dengan merk HP Cina tertentu pasti ada alasan kuat, salah satunya kualitas HP tersebut pasti bagus.

6. Cek legalitas HP

Cek apakah HP Cina tersebut sudah terdaftar di Ditjen Postel, karena semua peredaran perangkat bergelombang radio di pasaran harus mendapat sertifikasi legal dari pihak berwenang, dalam hal ini adalah Ditjen Postel. Cara mengeceknya, anda dapat mencari sticker atau sablon bertuliskan Ditjen Postel dengan nomor seri paten yang terdaftar di Ditjen Postel, biasanya pada kemasan dus dan tempelan barcode IMEI di HP bagian dalam.

Demikianlah beberapa tips untuk membeli HP lokal. Semoga dapat menjadi acuan dan minimal bisa menambah pengetahuan kita.

(berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger