Saturday, October 1, 2011

10 Best Indonesian Bassist

Di dalam sebuah band, seringkali seorang pemain bass atau bassist, kurang begitu diperhitungkan. Ketenaran mereka sering kalah dibanding dengan seorang vokalis, atau bahkan dengan seorang gitaris.

Padahal, mereka memegang peranan paling penting dalam sebuah band atau musik. Tak percaya? Coba bayangkan bagaimana jadinya iringan sebuah musik yang berisi raungan vokal, gitar, dan gebukan drum saja? Kalau pada pertunjukan musik underground mungkin wajar, tapi jika kita ingin mendengarkan sebuah sound musik yang lengkap, suara bass wajib hukumnya! ;)

Sebenarnya, para bassist tak melulu kalah tenar dibanding personil band di posisi lain. Ada beberapa bassist dunia yang sangat menonjol permainannya, atau bahkan lebih tenar dari personil lainnya. John Myung, Billy Sheehan, Flea, Stanley Clarke dan Geedy Lee adalah beberapa contoh musisi yang dikenal karena menjadi seorang bassist dan kemampuannya memainkan instrumen (yang umumnya) bersenar 4 ini.


But, kita tak usah jauh-jauh memilih siapa bassist terbaik di dunia, karena di Indonesia, ada banyak bassist yang luar biasa. Berikut daftar bassist terbaik di Indonesia pilihan saya. Urutan nomor bukan berarti yang paling atas yang terbaik, menurut saya, semua yang ada di daftar ini adalah yang terbaik. :D

1. Barry Likumahuwa

Nama: Elseos Jeberani Emanuel Likumahuwa
Kelahiran: Jakarta / 14 Juni 1983
Style: Jazz
Band sekarang: Bazz Attack, Glenn Fredly Band

Selain dikenal sebagai seorang bassist, Barry juga seorang produser. Ia adalah bassist dari Glenn Freddly dan Bazz Attack. Tak usah diragukan lagi kemampuan keponakan dari mendiang vokalis kawakan Utha Likumahuwa ini. Ia juga turut berpartisipasi dalam album Bass Heroes yang diproduseri Bongky Ismail, dan menyumbang sebuah track berjudul 'Mi Angelita'.

2. Thomas Ramdhan

Nama: Thomas Ramdhan
Kelahiran: Bandung / 05 Maret 1967
Style: Rock, Jazz, Funk, Fusion
Band sekarang: GIGI

Thomas adalah salah satu bassist terkemuka di dunia musik Indonesia. Bersama GIGI, Ia telah membuat belasan album. Permainan bass Thomas terkenal bersih dan rapi, dengan teknik yang mengagumkan.  Ia sering berkolaborasi diatas panggung dengan bassist-bassist dunia maupun lokal. Thomas juga turut menyumbangkan sebuah lagu instrumental 'Alone' di dalam album Bass Heroes.

3. Bondan Prakoso

Nama: Bondan Prakoso
Kelahiran: Bogor / 08 Mei 1967
Style: Funk, Rock, Jazz
Band sekarang: Bondan & Fade2Black

Sebelum dikenal lewat Bondan & Fade2Black, Bondan adalah penyanyi cilik di awal tahun 90-an, dengan hit 'Si Lumba-Lumba'. Ia juga sempat menjadi bassist dari band beraliran funk, Funky Kopral, pada medio 1999 - 2003 sebelum membuat album dan band sendiri tahun 2005. Bondan, bersama Fade2Black, meraih banyak penghargaan dan kesuksesan secara komersil dari album-album mereka. Soal permainan bass? Jangan tanya lagi. Diam, dan dengarkan "Psychadelic Sub Rythm" di album kompilasi Bass Heroes. :)]

4. Rindra 'Padi'

Nama: Rindra Risyanto Noor
Kelahiran: Balikpapan / 05 Desember 1972
Style: Jazz, Pop, Rock
Band sekarang: Padi

Rindra dikenal sebagai bassist dari band PADI. Kemampuan Rindra dalam membetot senar-senar bass sudah banyak diakui khalayak. Dalam berbagai kesempatan, Rindra sering menggunakan bass dengan 5 senar dan tanpa grip, layaknya sebuah biola. Ia juga ikut ambil bagian dalam album Bass Heroes, menyumbang sebuah lagu berjudul My Friend's Song.

5. Indro Hardjodikoro

Nama: Indro Hardjodikoro
Kelahiran: Jakarta / 14 Desember 1968
Style: Jazz
Band sekarang: Halmahera, Tohpati Ethomission

Indro adalah salah satu bassist kawakan, tak cuma di Indonesia, dunia internasional pun mengakuinya. Bahkan pertunjukan-pertunjukan Jazz internasional yang diadakan di Indonesia, jasa Indro selalu digunakan. Ia telah banyak mengiringi musisi-musisi Jazz dunia seperti Kenny Garret, Michael Colina, Dave Koz, Michael Lington dan lain-lain. Indro menyumbang sebuah track di album Bass Heroes berjudul Titik Awal. Saat ini, Indro merupakan kepala bagian divisi mengajar bass kontemporer di Institut Musik Indonesia.
6. Jawa

Style: Jazz
Band sekarang: Maliq and D'essentials

Permainan bass Jawa dikenal groovy oleh para penikmat musik Indonesia. Meskipun tak ikut ambil bagian dalam album kompilasi Bass Heroes, permainan bass-nya bisa kita dengar melalui lagu-lagu Maliq & D'essentials.

7. Iwan Xaverius

Style: Rock
Band: Jet Liar, EdanE
Band Sekarang: Blackout

Sebelum gabung dengan EdanE, Iwan adalah satu pentolan band yang dulunya dikenal sebagai Judas- Priest-nya Indonesia, Jet Liar. Di Jet Liar, permainan bass Iwan dilirik Eet Syahraranie yang ketika itu sedang mencari basis untuk format band barunya, Edane bareng Ecky Lamoh. Iwan adalah bassist dengan style rock kental, namun skill dan sound yang dihasilkannya memiliki ciri khas tersendiri. Kalau penasaran seperti apa skill dan permainan Iwan Xaverius, dengarkan salah satu lagunya di album Bass Heroes berjudul Ixs II.

8. Yuke
Nama: Yuke Sampurna
Kelahiran: Bandung / 19 Juni 1968
Style: Jazz, Rock
Band sekarang: Dewa19

Yuke merupakan mantan pemain bass group acid jazz asal bandung, The Groove, sebelum 'dibajak' Ahmad Dhani untuk menggantikan Erwin di Dewa19. Yuke, menurut saya (dan mungkin anda), adalah salah satu bassist terbaik di Indonesia, dilihat dari skill, permainan, sound, maupun performance-nya secara live.

9. Erwin Prasetya

Nama: Erwin Prasetya
Kelahiran: Surabaya / 19 Januari 1972
Style: Rock, Pop
Band: Dewa19, NuKla, eVo
Band sekarang: Matadewa

Yang membuat saya memasukkan nama Erwin adalah, karena selain dikenal sebagai bassist, Ia juga merupakan seorang pengarang lagu dan arranger yang handal. Lagu-lagu hits milik Dewa19 seperti Kirana, Restoe Boemi, Kamulah Satu-satunya, serta lagu Misteri Illahi - Ari Lasso, adalah lagu ciptaan Erwin. Beberapa prestasi yang pernah dicatat Erwin adalah: Nominator FFI 2005 untuk Kategori “Penata Musik Terbaik" film “Virgin" produksi Starvision, Pencipta lagu terbaik AMI Awards 1995 – 1996 untuk lagu “Kirana & Kamulah Satu – Satunya“, dan Bassist terpopuler versi majalah “News Music" tahun 2000. Secara permainan, Erwin juga bisa menunjukkan skill luar biasa jika dia mau. ;)

10. Donny Fattah

Nama: Donny Fattah Gagola
Kelahiran: Makassar / 24 September 1949
Style: Rock, Pop
Band sekarang: GodBless

Dalam karir bermusiknya, Donny Fattah sempat belajar dari para pemain bass top dunia, seperti Stanley Clarke dan Geedy Lee (Rush), permainannya semakin canggih dan selalu dinobatkan sebagai jawara bass Indonesia. Ia memperkenalkan teknik funky thump yang diciptakan oleh pemain bass nomor satu dunia tahun 1978, Stanley Clarke. Teknik itu sempat menjadi tren baik di Indonesia maupun di beberapa negara di ASEAN. Donny Fattah dikenal sebagai bassist dari band rock nomor satu Indonesia, GodBless.

Nah, daftar diatas adalah pendapat saya. Setiap orang bebas berpendapat. Jadi, siapa bassist terbaik di Indonesia menurut anda? b-(

11 comments:

  1. perform nya Thomas itu lho mas Igo..WAOW..."bassis bgt", g spt bassis2 group band zaman cekalang ^_^!

    btw mn nich bassis nya D'Bagindas, Wali, kanjen band dkk? kok gak nongol ^o^ kelaut sono no balapan renang ma hiu

    ReplyDelete
  2. Hahaha_ mungkin beberapa diantala meleka udah ada yg dimakan hiu mas... =))

    ReplyDelete
  3. good list bro.. mereka semua hebat, tapi yg paling mantap mnurut gw ya Thomas Ramdhan!:D :D :D

    ReplyDelete
  4. kalo menurut ane erwin seharusnya ga masuk

    ReplyDelete
  5. wima j-rock kaga masuk ya?? padahal menurut gw dia yg terbaik...
    dia kan perfect pitch kalo ga salah....

    ReplyDelete
  6. Klo gw sih Erwin Prast ajib bro.....menurut gw doi master sound and skill yg mumpuni....coba untuk skill lo coba kulik cukup siti nurbaya, gw jamin otak sama jari lo di bikin kusut.......mantaaab

    ReplyDelete
  7. Kayanya ridra, jawa, yuke, erwin pras masih jauh skillnya dari Nissa hamzah, mates, pra b darma, bintang, arya

    ReplyDelete
  8. Kayanya ridra, jawa, yuke, erwin pras masih jauh skillnya dari Nissa hamzah, mates, pra b darma, bintang, arya

    ReplyDelete
  9. Wima j-rocks yang maen bass nya rada edan masa ngga masuk

    ReplyDelete

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger