Saturday, October 1, 2011

Tips Mengamankan Akun Facebook Dari Hacker

Sebagai situs jejaring sosial terbesar dan memiliki pengguna paling banyak, seringkali Facebook juga menimbulkan 'masalah' paling banyak.

Sudah bukan rahasia lagi jika seringkali hubungan seseorang dengan pasangannya rusak hanya gara-gara Facebook (yang ini curcol, hehhe.. :))), ditegur atasan di kantor gara-gara status Facebook, ditipu orang, bahkan kemarin juga sempat ada kabar heboh di Blitar setelah ada seorang remaja hilang gara-gara teman Facebook. Jangan lupa, ada juga kasus perkosaan yang berakar dari pertemanan di Facebook.

Namun yang paling sering terjadi, dan sangat mungkin mengancam pemilik akun Facebook adalah privasi dan keamanan. Berulang kali saya tahu teman-teman saya kebingungan karena Facebook-nya diacak-acak orang dan password-nya diubah tanpa sepengetahuan pemiliknya. Pasti anda tak ingin jadi korban berikutnya bukan? [-X

Berikut ada beberapa tips untuk mengamankan akun Facebook anda dari serangan para hacker (ataupun maling password) yang saya kumpulkan dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat. :)>-
  1. Ganti Password Secara Rutin - Gantilah password untuk akun anda, minimal sebulan sekali (ini sudah minimal banget). Hal ini penting, karena seorang hacker biasanya membutuhkan waktu 1 - 7 hari untuk mendapatkan password anda.
  2. Buat Password Yang Berbeda - Jangan menggunakan password yang sama pada e-mail dan akun Facebook. Ketika seseorang berhasil mengetahui password Facebook anda, biasanya Ia akan menyerang e-mail anda, karena perubahan password biasanya membutuhkan konfirmasi melalui e-mail.
  3. Gunakan Password Yang Rumit - Usahakan password anda terdiri dari kata, karakter dan angka. Untuk kata juga diusahakan terdiri dari gabungan huruf besar dan kecil ala anak-anak alay misal [kATesMbLonDhot]. Lalu tambah angka yang tidak terdiri dari angka urut, misal tanggal lahir anda [060380], kalau perlu tambahkan karakter padanya misal [ _ ], jadi passwrod anda [kATesMbLonDhot_060380]. Nah saya yakin jika password anda seperti itu si hacker akan dibuat pusing tujuh keliling. Yang perlu diingat, anda harus mengingat password rumit itu, jangan sampai anda sendiri lupa dengan password anda. :))
  4. Daftarkan Minimal 2 Alamat E-mail - Perlu diketahui, bahwa kelemahan Facebook adalah penggunaan alamat email sebagai username saat login. Ini sangat rentan 'pembajakan'. Ada banyak cara hacker untuk mencuri akun Facebook anda. So, alamat e-mail yang lebih dari satu akan membuat anda lebih aman, ketika satu alamat e-mail dicuri, maka anda dapat melakukan recovery password dengan e-mail yang lainnya.
  5. Jangan Simpan Password di Browser - Terutama jika anda menggunakan komputer/PC/Laptop/HP yang bukan milik anda pribadi. Jika warnet tersebut memakai browser, entah itu Firefox atau Google Chrome, pastikan bila muncul pilihan 'simpan sandi' pilih 'tidak'.
  6. Batasi Info Profil - Facebook belajar dari kesalahan, kini mereka memiliki fitur-fitur keamanan yang bisa anda gunakan. Salah satunya adalah batasan-batasan siapa saja yang bisa melihat info profil kita. Pastikan info profil kita hanya dapat dilihat oleh teman-teman di Facebook yang benar-benar kita kenal. Atur Info Profile yang kamu berikan seminim mungkin dan pada pengaturan privasi buat semua settingannya agar hanya dapat dilihat teman saja (Only Friends).
  7. Perhatikan Mutual Friend - Jangan menambahkan teman yang tidak kamu kenal. Pilih teman dengan jumlah mutual friends-nya lebih banyak. Bukan untuk sombong, tapi demi keamanan akun Facebook kita. :-j
  8. Gunakan Alamat Username - Jangan memberitahukan alamat e-mail kepada orang lain atau disebarluasakan ke internet. Jika ingin di meng-add seseorang, sebaiknya menggunakan alamat URL profil atau gunakan Facebook Username untuk memperpendek URL tersebut. Untuk membuat Facebook Username, masuk ke Settings > Account Settings > Username
  9. Jangan Lupa Logout - Yang ini mungkin terkesan remeh, tapi seringkali seseorang lupa keluar atau logout dari akun Facebook mereka. Hal ini sangat berbahaya ketika anda menggunakan Facebook di warnet.
  10. Hati-Hati Dengan Apps dan Group -  Sebuah aplikasi yang kita gunakan selalu 'meminta ijin' kepada para pengguna barunya agar si aplikasi diijinkan untuk mengakses akun Facebook calon pengguna. So, jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi/game dan bergabung dengan group/pages yang tidak jelas.

Mungkin cara-cara diatas masihlah belum cukup untuk membuat Facebook anda benar-benar aman. Karena ada banyak sekali cara untuk meng-hack sebuah akun Facebook. Coba saja anda Googling dan ketik "cara menghack password akun facebook", niscaya di sana akan ada ratusan bahkan ribuan situs yang menawarkan kepada anda cara menghack password Facebook, baik yang berbayar maupun gratis. :-??

Yang terakhir, jangan mencari cara atau berusaha untuk meng-hack Facebook orang lain, karena jika salah langkah, justru Facebook anda sendiri yang akan jadi korban. \:D/

No comments:

Post a Comment

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger