Tuesday, December 8, 2009

Sedikit Tips 'bout Player's Attributes di Football Manager 2010


Lagi nglembur.... udah selesai, bingung mo ngapain!> Nulis tentang Football Manager 2010 aja deh... Kebetulan tadi barusan ikut 'perang' di forum-nya SORTITOUTSI..... Ni postingan pertama tentang FM aku pilih tentang players attributes (nilai skill pemain) dan penjelasannya... Sumonggo.....


Technical Attributes (Buat keseluruhan pemain kecuali Kiper...)

Corners - Udah jelas, yang ini utamanya buat para raja set-pieces (bola2 mati), lebih tinggi angkanya, lebih akurat si pemain nendang corener kick. Kebanyakan para winger punya attribute handal di corner (ex: Di Natale, Malouda, CR9, dll)
Crossing - Kalo' kamu punya winger ato' fullback, lebih baik kalo attribut corner-nya tinggi. Kalo nggak!!>> jangan harap deh...umpan silang-nya akurat....(Minimal 17 dah lumayan tuh..)
Dribbling - Lagi, attribut penting buat winger, ato mungkin gelandang serang (AMC) dan gelandang tengah (MC) juga butuh atribut yang ini.Striker mungkin juga butuh yang ini, tapi kalo striker-mu berbodi gedhe, kuat, heading-nya bagus, dribblingnya gak perlu terlalu bagus juga gak papa...(atur dia sebagai Targetman)
Finishing - Seorang striker WAJIB punya finishing yang maut... kalo' nggak...buat apa dijadiin striker!> haha... Gelandang serang juga butuh ini... (AMC)
First Touch - Sebenernya, hampir semua pemain wajib punya atribut ini minimal 15 lah. Pemain-pemain berkelas slalu punya atribut ini dengan angka tinggi. Atribut ini lebih berarti bahwa, kemampuan first touch (satu sentuhan) pemain lebih maknyuusss...!!! Pada waktu dia menerima ataupun mengumpan, dan juga menendang (first time kick)
Free-kicks - Simple... atribut ini mempengaruhi seberapa bagus tu pemain nendang tendangan bebas....
Heading - Atribut yang cukup penting buat semua pemain (belakang, tengah, depan)... Kesempatan memenangkan duel 50\50 di udara akan semakin lebar....termasuk saat menerima bola goal kick dari kiper... Long Shots - Atribut yang cukup simple lagi... apalagi buat gelandang tengah macem Lampard, Gerrard, dll.... yaitu, seberapa hebat tendangan jarak jauh mereka....

Long Throws - Ada baiknya winger\wingback kamu punya atribut ini di angka 17 ato lebih... makin jauh lemparan kedalamnya, makin bagus buat bikin kesempatan di depan gawang lawan.
Marking - Sebuah skill yang penting utamanya buat centreback dan defensive midfielder. Artinya, atribut ini mempengaruhi seberapa jauh pemain itu mampu mengawasi pergerakan lawan dan menguncinya.
Passing - Mungkin atribut ini juga cukup penting buat semua pemain (tehnik dasar banget brur...dulu pas di SSB wajib punya pass yag bagus!! hehe). di FM, atribut ini paling penting buat para pemain tengah, agar umpan terobosannya kepada striker bisa akurat.
Penalty Taking - Udah jelas, seberapa bagus tu pemain nendang penalti (perhatikan juga composure dan kondisi mental sang pemain). Normalnya, striker nomor wahid punya penalty taking yang tinggi...
Tackling - Penting buat para defender dan gelandang bertahan... yaitu, seberapa bersih tackling-nya.... makin buruk atribut tackling pemain, makin besar resiko dia kena kartu...
Technique - Tehnik berhubungan dengan kontrol bola...dan tehnik keseluruhan dalam permainan. Kalo tehniknya bagus, dia gak akan gampang kehilangan bola saat menerima umpan jauh...


























Mental Attributes (Hampir semua pemain...)
Nah...kalo yang atribut2 ini kadang emang susah di pahami (terutama buat yang baru2 main Football Manager...)
Aggression - Setiap pemain harus agresif, minimal 14-15, namun jika terlalu agresif, kadang si pemain jadi lebih beringas dan sering kena kartu (apabila teamtalk kamu salah, dia bakal emosi dan ngelakukan hal bodoh yang bisa menyebabkan dia kena kartu merah...)

Anticipation - Skill ini cukup sulit buat dikuasai, lebih baik lagi jika seorang pemain punya anticipation dan first touch yang tinggi, soalnya dengan antisipasi yang tinggi, pemain bakal bisa membaca arah permainan lawan dan arah datangnya bola (penting buat defender...).



UPS>>>>>>>>waktu lembur habissssss!!!!!!!!!!! postingan berikutnya masih tetep tentang mental attributes dan juga ditambah phisyical attributes, keeping attributes, dan hidden attributes!!! See you, Readers!!!

No comments:

Post a Comment

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger