Saturday, August 20, 2011

5 Situs Wisata Blitar

Sebagai orang yang lahir dan besar di kota kecil, Blitar, tentu saya bangga dengan kota ini. Biarpun kecil, orang bilang Blitar "kutho kang kawentar" (kota yang terkenal). Ada banyak hal yang bisa dibanggakan dari kota kecilku ini. Salah satunya tentu situs-situs wisata yang cukup berpotensi.

Disini saya mencoba untuk merangkum situs-situs wisata di kota/kabupaten Blitar yang menarik untuk anda kunjungi, ya... itung-itung mempromosikan potensi kota kelahiran ;)

Sebenarnya ada banyak sekali situs wisata potensial di Blitar, namun disini ada 5 situs wisata yang menurut saya sangat

menarik. Check 'em out!

1. Candi Penataran dan Purnama Seruling Penataran

Pada dasarnya, Purnama Seruling Penataran (PSP) merupakan sebuah agenda bulanan yang diselenggarakan di candi Penataran yang digagas oleh Dewan Kesenian Kabupaten Blitar. Dengan mengusung jargon "The Stage of World's Fraternity and Peace" (Panggung Dunia Persaudaran dan Perdamaian), PSP membawa misi persaudaraan dan perdamaian bagi umat di seluruh dunia.

Purnama seruling penataran adalah sebuah persembahan kepada Tuhan pemilik alam semesta. Bukan manusia yang menentukan kapan pertunjukan ini harus diselenggarakan, akan tetapi alam semesta yang akan mengatur semua ini. Ya, candi penataran akan menjadi panggung persembahan setiap kali bulan purnama muncul. Berbagai macam seni budaya, nusantara dan dunia akan saling berbagi keindahan pada malam purnama tersebut. Mereka akan “ditatar” untuk berbagi keindahan dalam semangat persaudaraan dan perdamaian. Salah satu cara terbaik umat manusia dalam bersyukur atas karunia tuhan yang maha esa adalah dengan cara menjaga persaudaraan dan perdamaian bagi umat manusia di seluruh dunia.

Tanpa dipungut biaya masuk (hanya parkir kendaraan rata-rata 2 ribu rupiah), anda dapat menikmati suguhan kesenian dan keindahan budaya Indonesia dibawah siraman cahaya purnama di candi Penataran.

Untuk jadwal lengkapnya, silahkan kunjungi www.purnamaserulingpenataran.com

2. Kompleks Makam Bung Karno

Makam Bung Karno masih menjadi primadona wisata kota Blitar. Objek wisata ini mampu menarik ribuan wisatawan lokal maupun asing. Kenapa saya sebut kompleks? Karena tidak hanya makam Bung Karno yang dapat dijadikan pilihan wisata. Ada perpustakaan Bung Karno yang menyediakan berbagai macam buku langka dan menarik, pun segala macam dokumentasi terkait dengan proklamator pertama itu.

Ada pula kebun binatang mini dimana terdapat banyak binatang-binatang unik dan aneh yang bisa anda lihat seperti sapi berkaki lima, kambing berkepala dua, ular bertanduk, dan lain sebagainya. Aneka macam kuliner khas Blitar juga bisa anda nikmati di kompleks makam Bung Karno.


3. Goa Embultuk


Untuk anda yang menyukai tempat-tempat wisata eksotis, rasanya salah satu objek wisata yang terletak di Blitar selatan ini bisa menjadi pilihan anda. Tak hanya untuk wisatawan asing, bagi wisatawan lokal dan domestik, tempat ini sangat layak untuk dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata yang anda kunjungi.


Goa Embultuk adalah sebuah goa alam yang sangat cantik yang kaya akan stalagmit dan stalagtit yang luar biasa. Terletak di desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung, sekitar 40 kilometer di selatan kota Blitar. Goa ini cukup panjang dan luas.

Panjang dari goa ini adalah 1,5 kilometer dengan luas dan panjang sekitar 3 meter. Goa sepanjang 1,5 meter penuh dengan stalagmit ini akan membuat anda merasakan kenyamanan luar biasa.Dengan atmosfir yang khas, suara gemericik air yang sangat alami akan menambah kesan natural tersendiri. Pengunjung goa ini akan dibekali lampu petromaks (semacam lampion) dan pakaian ganda.

Goa Embultuk adalah goa satu-satunya di Blitar yang menawarkan stalagmit-stalagmit unik untuk para pengunjungnya. Tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan, baik asing maupun lokal pada saat musim libur sekolah ataupun hari libur.

Yang paling penting adalah akses jalan menuju goa Embultuk sudah direnovasi dan dapat dilalui kendaraan roda empat.

4. Pantai Jolosutro

Ada banyak pantai di wilayah selatan Blitar, salah satunya adalah Pantai Jolosutro yang terletak di desa Ringenrejo, kecamatan Wates sekitar 45 km dari kota Blitar. Pantai ini adalah salah satu pantai di Blitar yang merupakan bagian dari Laut Selatan. Pantai Jolosutro mempunyai ombak laut selatan yang sangat indah. Banyak sekali wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran mereka berkunjung ke pantai alamiah ini. Anda dapat berenang, berjemur, memancing, berperahu, di pantai ini.

Terdapat pemandangan alam yang sangat indah yang menarik para wisatawan dan pasir yang sangat halus di sepanjang pantai. Air yang kebiruan dan angin laut yang menyapa para wisatawan juga menjadi bagian yang unik dari pantai ini. Cobalah untuk mengunjungi pantai ini dan temukan keindahan alam pantai di pantai Jolosutro.

Selain pantai Jolosutro, ada banyak pantai di wilayah kabupaten Blitar yang bisa anda kunjungi seperti pantai Tambakrejo di kecamatan Wonotirto, pantai Serang di kecamatan Panggungrejo, Pantai Gayasan dan Pantai Pangi di kecamatan Bakung.

5. Gunung Kelud

Terlepas dari polemik status kepemilikan gunung Kelud antara Pemkab Blitar dan Pemkab Kediri, tak bisa dipungkiri bahwa objek wisata gunung Kelud sangat menarik untuk dikunjungi. Ada banyak hal menarik yang bisa anda temukan di gunung  Kelud, antara lain 'Baby Kelud' atau anak gunung Kelud, yang timbul akibat proses erupsi gunung Kelud. Kita juga dapat mandi sauna dengan air belerang yang mengalir di bawah gunung Kelud. Banyak yang membuktikan bahwa mandi sauna di aliran sungai ini dapat menyembuhkan penyakit, tertutama penyakit kulit. Anda juga bisa mencoba flying fox yang terhitung objek baru di gunung Kelud.

Selain fasilitas-fasilitas yang ditawarkan di area wisata, sepanjang perjalanan anda juga akan disuguhi keindahan panorama alam di sekitar gunung Kelud. Potensi objek wisata yang satu ini sungguh luar biasa, tak heran Pemkab Blitar dan Pemkab Kediri sama-sama ngotot untuk mendapatkan hak kepemilikan penuh atas gunung Kelud.

Nah, itulah 5 situs wisata yang laik anda kunjungi di Blitar. Selamat berkunjung ke Blitar. (v7x-berbagai sumber)

1 comment:

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger