Tuesday, September 27, 2011

Kenapa Harus Memilih Google+?

Bisakah Google+ 'mencuri' pengguna Facebook? Ya. Ada banyak alasan kenapa orang mulai beralih menggunakan Google+ daripada Facebook, mulai dari kemudahan kegunaan hingga privasi pengguna.

Meskipun masih dalam versi beta, akhirnya Google meluncurkan sebuah social neworking platform yang ditunggu-tunggu banyak orang, termasuk saya. Situs jejaring sosial milik Google ini diberi nama 'Google+' (Google Plus).

Nah, seperti yang sudah diketahui manusia sejagad bahwa raja situs jejaring sosial adalah Facebook. Lalu, sebagai perusahaan raksasa di dunia internet, bisakah Google+ menjadi rival Facebook? Dikutip dari pcworld.com, berikut ini alasan-alasan kenapa sebaiknya anda memilih Google+ untuk urusan pertemanan di dunia maya.

1. Integrasi Dengan Layanan Google

Senjata utama Google untuk menarik perhatian orang agar menggunakan Google+ adalah integrasi dengan layanan-layanan mereka yang lain. Google membuat situs jejaring sosial ini agar pengguna dapat terhubung dengan ke hampir semua hal yang ada di internet, mulai dari dokumen hingga video (YouTube). Google+ saat ini sudah terintegrasi pada hampir semua produk Google, terletak di sisi kiri atau kanan browser anda. Dengan hal ini, anda dapat mengetahui semua update dari kawan-kawan Google+ anda (status, pesan,dll) dan berbagi banyak hal tanpa harus meninggalkan layanan Google yang sedang anda gunakan. Jutaan bahkan milyaran orang di dunia adalah pengguna layanan gratis Google (Gmail, YouTube, Blogger, Picasa, dll), dan karena Google+ terikat kuat dengan layanan-layanan tersebut, dipastikan banyak orang akan beralih ke Google+ untuk urusan jejaring sosial.

2. Manajemen Pertemanan Yang Lebih Baik

Google+ memperkenalkan sistem 'circles' atau lingkaran - yang menurut banyak orang - yang lebih real layaknya di dunia nyata. Kita memiliki banyak teman dari lingkungan berbeda, dan kita pun memiliki cara yang berbeda untuk berinteraksi dengan mereka. Mungkin Facebook sudah menyediakan fitur 'group', namun dibandingkan dengan apa yang dilakukan Google+ dengan sistem lingkarannya, rasanya sangat berbeda.  Disamping itu, 'group' Facebook adalah fitur baru, sedangkan 'circles' Google+ adalah fondasi utama dari situs jejaring sosial ini.


3. Aplikasi Untuk Ponsel/Mobile Yang Lebih Baik

Jika anda pengguna Android, anda akan menyadari bahwa mendapatkan konten ke ponsel anda melalui situs jejaring sosial lebih mudah, bersih, dan lebih memiliki banyak fungsi melalui Google+ Mobile App. Google akan terus mengembangkan aplikasi ini, sehingga anda akan benar-benar merasakan bahwa dunia ada di genggaman anda. Pengguna Android yang terus bertambah juga menjadi nilai plus tersendiri.

4. Menemukan dan Berbagai Konten Web Dengan Lebih Mudah

Ada sebuah fitur Google+ yang membuatnya sangat berbeda dan mengungguli Facebook. Fitur itu bernama 'Sparks'. Sparks adalah fitur Google+ yang terhubung langsung dengan search engine Google sehingga fitur ini memberikan sesuatu yang tidak bisa diberikan oleh Facebook -- mencari konten di web dan dibagikan kepada lingkaran pertemanan. Karena Facebook tidak memiliki search engine, seringkali pengguna harus menggambil konten dari situs lain untuk kemudian dibagikan ke Facebook. Dengan Sparks, berbagi dan mendapatkan konten akan jauh lebih mudah.

5. Anda Bisa Mendapatkan Kembali Data Anda

Facebook terkenal dengan kelemahannya dalam mengolah data-data penggunanya. Terkadang anda 'dipaksa' untuk membagikan informasi-informasi pribadi anda ke Facebook, apalagi saat sulit untuk menghapus akun di Facebook secara permanen. Di lain pihak, Google memberikan anda fasilitas untuk mengambil kembali seluruh data anda yang tersimpan di internet, dengan fitur bernama 'Data Liberation'. Dengan sekali klik, maka data-data anda yang tersimpan di Picasa, Buzz, Gmail, dan sebagainya dapat anda download dan menyimpannya kembali secara privat.

6. Tagging Foto Yang Lebih Baik

Ketika menampilkan foto di Google+, anda bisa menandai atau men-tag layaknya di Facebook. Perbedaan terbesarnya adalah, Google+ lebih menghargai privasi penggunanya. Anda akan mengetahui perbedaannya begitu anda menggunakannya.

7. Fitur Chat Yang Lebih Unggul

Anda pasti sudah mengetahui fitur chat di Facebook, di Google+, fitur ini lebih menarik dan lebih baik. Fitur ini bernama 'Hangouts'. Perbedaan yang paling besar adalah dukungan dari webcam, jadi anda dapat melakukan video chat di Google+.

8. Berbagi Konten Dengan Lebih Aman

Memang benar di Facebook atau situs jejaring sosial lainnya, pengguna dapat memberikan batasan kepada siapa saja mereka membagikan konten yang mereka unggah, namun pembatasan tersebut berada di pengaturan akun anda. Berbeda dengan di Google+, anda dapat langsung memilih siapa saja yang dapat melihat konten yang anda unggah. Baru-baru ini Facebook memasukkan fitur yang sama.

9. Google Bisa Menjaga Data Privasi Anda Dengan Lebih Baik

Menjalankan situs jejaring sosial berarti bertanggung jawab atas keamanan data-data penggunanya. Facebook masihlah muda, sebuah perusahaan yang tengah berkembang dengan pesat, yang terkadang masih banyak membuat kesalahan terutama keamanan data-data penggunanya. Di sisi lain, Google adalah perusahaan yang sudah cukup 'dewasa' dan banyak makan asam garam di dunia internet. Kejadian seperti kebocoran data-data pribadi penggunanya sangat jarang ditemukan di Google, sebaliknya dengan Facebook.

Memang masih terlalu dini untuk membandingkan Google+ dengan Facebook, tapi tidak ada salahnya anda mencoba Google+ atas dasar alasan-alasan diatas. :)

No comments:

Post a Comment

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger