Monday, September 19, 2011

4 Hal Yang Harus Anda Tahu Tentang Windows 8

Microsoft mengatakan bahwa mereka 'menemukan kembali' sebuah sistem operasi (OS) baru pada Windows 8, OS generasi baru dari Microsoft.

Di Indonesia, utamanya di kota-kota kecil seperti Blitar, masyarakat pengguna komputer masih terlalu akrab dengan Windows XPWindows Vista dan Windows 7 - yang notabene adalah versi OS lama sebelum Windows 8 - hanya digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu saja. Sebagian besar pengguna OS Microsoft next-gen seperti Vista dan 7 adalah mereka yang menggunakan notebooklaptop, atau perangkat PC dengan spesifikasi tinggi. Sedangkan di perkantoran, instansi, dan warnet, kebanyakan masih menggunakan OS Windows XP yang boleh dibilang 'ketinggalan'.

So, apakah terlalu cepat kita membahas Windows 8?

Tentu tidak. Karena perkembangan teknologi yang tanpa henti, setidaknya kita memiliki pengetahuan tentang penemuan-penemuan teknologi terbaru, meski mungkin kita tidak memiliki atau menggunakannya. Jadi, mari kita sedikit mengintip apa saja yang ditawarkan oleh OS Windows 8.

Pihak Microsoft sendiri telah gembar-gembor tentang adanya banyak fitur baru di OS Windows 8 pada sebuah konferensi pers di Anaheim, California, AS. Fitur-fitur teknologi baru seperti Metro Interface, dukungan touchscreen, performa yang lebih baik, dan toko online khusus adalah beberapa hal baru yang ditawarkan. Lalu, fitur baru apakah yang paling penting di Windows 8?

Berikut penilaian Ben Parr, seorang analis dari mashable.com, tentang 4 hal penting yang wajib anda ketahui pada Windows 8.

1. Windows 8 Dapat Digunakan Pada Tablet, Laptop, dan Desktop.

Mungkin perbedaan yang paling besar antara Windows 8 dan versi pendahulunya (XP, Vista, 7) adalah bahwa OS terbaru ini tidak hanya dapat digunakan untuk laptop dan desktop, tapi juga pada komputer tablet. Microsoft juga memperkenalkan tampilan Metro (Metro Interface) yang populer di Windows Phone kedalam Windows 8. Pengguna Windows 8 dapat mengganti tampilan akses menggunakan Metro Interface atau tampilan biasa layaknya versi-versi sebelumnya, hanya dengan mengklik atau menyentuh layar.

Agar bisa digunakan dengan baik pada tablet, Windows 8 telah dirancang dengan kemampuan touchscreen. Yang terpenting, OS ini juga dapat dijalankan pada device atau alat yang menggunakan prosesor berbasis ARM. Teknologi ARM digunakan pada sebagian besar komputer tablet dan smartphone seperti iPad 2 ataupun Samsung Galaxy Tab.

Hasilnya tentu saja, Windows 8 menjadi satu-satunya OS yang dapat diinstal pada device apapun. Dapat bekerja baik dengan keyboardmouse, ataupun touchscreen, dan dapat digunakan pada jenis prosesor apapun, baik itu Intel, AMD, maupun ARM.

2. Segalanya Lebih Cepat di Windows 8

Windows 8 menjanjikan performa yang jauh lebih baik dan cepat daripada para pendahulunya. Kebutuhan memori telah dikurangi, waktu untuk booting telah dikurangi (kabarnya, untuk booting Windows 8 hanya butuh waktu kurang dari 8 detik), dan Metro UI-nya secara instan dapat langsung digunakan. Sistem operasi ini juga mendukung versi USB 3.0 dan Hyper-V.
Salah satu screenshoot Windows 8

Hasilnya, kecepatan Windows 8 setara dengan iOS dan Mac OS X Lion. Banyak orang diprediksi bakal terkejut dengan kecepatan Windows 8 dalam menjalankan aplikasi.

3. Selamat Datang Windows App Store

Mungkin banyak dari kita mengenal App Store dari BlackBerry ataupun Apple. Kali ini, Microsoft untuk pertama kalinya membuat App Store sendiri bagi Windows 8. Kepopuleran App Store pada iOS Apple dan BlackBerry telah memunculkan pangsa tersendiri pada ekosistem teknologi, dan Microsoft tak mau kalah.

Tentu saja dengan adanya Windows App Store akan menjadi ladang bisnis tersendiri bagi para pengembang software, selain tentu saja memanjakan para pengguna Windows 8.

4. Metro Interface & Touchscreen

Windows 8 memang dirancang dengan kelebihan dukungan layar sentuh. Selain OS ini masih dapat dijalankan sepenuhnya menggunakan keyboard dan mouse, Microsoft juga menyebutkan bahwa Metro Interface dan touchscreen adalah masa depan Windows.

Ya, tentu saja Microsoft masih menyertakan tampilan atau interface yang sekarang anda gunakan untuk desktop. Namun, yang patut ditunggu adalah ketika anda menjalankan aplikasi, game, dan sebagainya, hanya menggunakan sedikit sentuhan pada layar anda.


Kemunculan Windows 8 adalah pertanda bahwa Microsoft tidak ingin terus berkubang di 'jaman batu'. Mereka sadar bahwa masa depan dunia komputer adalah mobilitas. Mereka sadar bahwa di masa depan, orang-orang akan semakin malas duduk di depan komputer desktop berlama-lama dan lebih memilih membawa pekerjaan mereka kemanapun mereka pergi.

Inilah Microsoft. Ketika Apple mencoba menjadi piooner di bidang OS berbasis layar sentuh, Microsoft hadir dan mencoba menyempurnakannya. Perusahaan besar milik Bill Gates ini telah membuat sebuah perjudian besar pada OS Windows 8. Kita patut memberikan kredit kepada Microsoft, yaitu: mereka tidak takut untuk mengambil resiko besar untuk mendapatkan hasil yang lebih besar.
Tampilan Metro Interface (Metro UI) di Windows 8

No comments:

Post a Comment

Tulis apa yang ingin kamu tulis:

Powered By Blogger